Contoh Critical Book Review (CBR)

Dibawah ini merupakan Contoh Critical Book Review (CBR). Silahkan ikuti format yang ada. Format Contoh Critical Book Review (CBR) ini didapatkan pada tahun 2016.


CRITICAL BOOK REVIEW: Panduan Penulisan Tes Tertulis

A. IDENTITAS RIVIEWER
Nama : (Isi nama kamu)
NIM : (Isi NIM kamu)
Alamat : (Isi alamat kamu)
Sem/Jur : (Isi data perkuliahan kamu)

B. KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “CRITIACAL BOOK REVIEW: Panduan Penulisan Tes Tertulis”. Makalah yang dibuat untuk memenuhi syarat memperoleh nilai tugas pada mata kuliah Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI pada Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, akhirnya dapat selesai dengan bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih.
Penulis telah berupaya dengan semaksimal mungkin dalam penyelesaian tugas proposal ini, namun penulis menyadari bahwa ini belum sempurna, baik dari segi isi, tulisan maupun kualitasnya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki tugas makalah ini.
Akhir kata penulis mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semoga tugas proposal ini bermanfaat dalam memperkaya Ilmu Pendidikan Agama Islam.

C. DATA/IDENTITAS BUKU
Nama Pengarang : Dr. Sumarna Surapranata
Judul Buku : Panduan Penulisan Tes Tertulis
Penebi : Pt. Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit : Cet. Ke II, Tahun 2005
Tempat Terbit : Bandung, Indonesia

D. RINGKASAN BUKU
1. Penilaian Basbasis Kelas
Penilaian berbasis kelas adalah penilaian yang dilakukan oleh guru dalam rangka proses pembelajaran. Penilaian berbasis kelas merupakan proses pengumpulan dan penggunaan informasi dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru untuk menetapkan tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik terhadap tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

2. Tujuan Dan Fungsi Penilaian Berbasis Kelas
Ditinjau dari segi manajerial, penilaian bertujuan untuk:
  • Menguji efektif tidaknya kebijakan pemerintah
  • Menjamin akuntabilitas sekolah
  • Memotivasi guru
  • Menyeleksi peserta didik
  • Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat
  • Mengendalikan kurikulum
Manfaat penilaian berbasis kelas antara lain:
  • Memberi umpan balik pada program jangka pendek yang dilakukan oleh peserta didik dan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga memungkinkan melakukan koreksi.
  • Memberi kegunaan hasil pembelajaran peserta didik dengan melibatkan peserta didik seccara maksimal.
  • Membantu pembuatan laporan lebih bagus dan menaikkan efisiensi pembelajaran dan pengajaran
  • Mendorong pengajaran sebagai proses penilaian formatif yang melibatkan banyak waktu untuk melakukan umpan balik dan perbaikan hasil peserta didik.
3. Prinsip-Prinsip Penilaian Berbasis Kelas
Hal-hal yang diperhatikan dalam penilaian berbasis kelas antara lain:
  • Tujuan program pembelajaran setiap mata pelajaran harus dicapai oleh peserta didik berdasarkan kompetensi yang ditetapkan oleh kurikulum.
  • Standar keberhasilan yang harus dicapai oleh peserta didik berdasarkan criteria yang dijadikan rujukan.
  • Penilaian berbasis kelas sebagai penilaian internal yang dilakukan oleh guru merupakan bagian integral dari penilaian eksternal yang dilakukan oleh pihak lain seperti ujian akhir nasional.
  • Model penilaian berbasis kelas menitik beratkan pada aspek perbaikan mutu pengajaran bagi guru dan pembelajaran bagi peserta didik.
  • Pemanfaatan hasil penilaian berbasis kelas akan sangat beragam dari satu penilai dengan penilai lain, sehingga setiap penilai dalam melakukan perbaikan mutu pengajaran dan pembelajaran berbeda satu dengan lainnya.
4. Jenis-jenis penilaian berbasis kelas
Adapun jenis-jenis penilaian berbasis kelas sebagai berikut:
  • Tes tertulis
  • Tes perbuatan
  • Pemberian tugas
  • Penilaian proyek
  • Penilaian produk
  • Penilaian sikap
  • Penilaian portofolio
E. KEKHASAN DAN KEMUTAKHIRAN ISI BUKU
Penggunaan bahasa dalam buku ini masih ada beberapa inti yang kurang sesuai dengan tingkat intelektual peserta didik. Bahasa yang digunakan seharusnya dapat menjelaskan konsep atau ilustrasi sampai contoh yang abstrak sesuai dengan tingkat intelektual peserta didik (yang secara imajinatif dapat dibayangkan oleh peserta didik).

Bagian isi kurang baik, karena tidak memuat rangkuman dan refleksi. Dalam isinya hanya terdapat pendahuluan, dan rujukan. Pendahuluan pada bagian isi berisi tujuan penulisan buku teks pelajaran, sistematika buku, cara belajar yang harus diikuti, dll. Rujukan berisi teks, tabel, dan gambar yang merupakan identitas berupa judul, nomor urut gambar/tabel, dan rujukan.

F. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN BUKU
KELEBIHAN
KELEMAHAN
1.      Penggunaan bahasa/kalimat yang ringan, sehingga mempermudah pemahaman bagi pembaca.


 2.    Setiap halaman buku begitu tertata rapi mulai dari halaman judul, hak cipta, kata pengantar, daftar isi, pembahasan, hingga daftar pustaka.
3.      Pembahasan pada buku tersebut sangat terstruktur, sehingga pola piker pembaca menjadi terarah dan mudah untuk mengikuti langkah-langkah yang disampaikan.
1.      Masih terdapat beberapa bentuk table yang kurang sempurna, yakni tabel yang tidak dilengkapi dengan garis lurus. Ini dapat mempengaruhi daya minat baca.
2.      Beberapa tulisan berwarna, namun warna yang digunakan adalah warna lemah (bukan warna jelas).
3.      Kulit buku menggunakan warna gelap, ini mempengaruhi ketertarikan pembaca dari segi kulit buku. 

G. REKOMENDASI
Dari beberapa kelemahan buku yang dipaparkan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan berupa rekomendasi diantaranya yakni:
  1. Dalam pembuatan cover atau kulit buku, hendaknya menggunakan perpaduan warna yang sepadan dan menarik. Contoh dengan memasukkan warna orange lebih besar pada tampilan buku. Ini akan memperjelas penglihatan sekaligus merangsang daya minat baca si pembaca.
  2. Dari segi isi, masih terdapat beberapa tulisan yang berwarna biru langit, atau biru muda. Oleh sebab itu, disini direkomendasikan bahwa untuk penulisan isi, sebaiknya menggunakan warna font atau huruf yang sebagaimana biasanya, yakni warna hitam.
  3. Dalam pembuatan tabel dalam isi, sebaiknya menggunakan tabel yang sebagaimana biasanya pada buku-buku lain. Berwarna hitam dan bergaris lengkap. Dengan ini, pembaca tidak akan keliru maupun kesulitan dalam melihat tulisan pada tabel yang ada.
H. SIMPULAN
Dari beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kelemahan atau kekurangan yang tedapat dalam buku ini, bukan berarti mengurangi substansi dari pesan yang ingin disampaikan penulis dalam buku ini.

Oleh karena itu, buku ini sangat cocok digunakan bagi mahasiswa, terkhusus bagi guru untuk membantu dalam menjalankan tugasnya yang menganut prinsip evaluasi dalam setiap pembelajaran

0 Response to "Contoh Critical Book Review (CBR)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel